Pantai Mawun – Menikmati Birunya Laut dan Putihnya Pasir Pantai

Pulau Lombok adalah surganya wisata alam. Selain memiliki Gunung Rinjani yang menjadi primadona bagi para pendaki, Lombok juga memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai Mawun. Pantai ini berada di kabutapen Lombok Tengah, sekitar satu jam perjalanan dari kota Mataram. Kesan pertama ketika sampai Mawun adalah: “pantai ini birunya kebangetan”. Pantai Mawun berlokasi di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Berjarak 60 km dari Kota Mataram. Untuk menuju pantai ini lewat Selong Belanak kita melewati jalan yang kondisinya kurang baik pada sekitar 9 kilometer menjelang pantai. Namun di sepanjang jalan ini banyak terdapat kebun-kebun tembakau dan padang penggembalaan kerbau. Kita bisa melihat petani memanen tembakau dan menjual tembakaunya kepada bandar atau pabrik pengolahan tembakau.

Meskipun kalah terkenal dari pantai lainnya di Lombok, Pantai Mawun tetaplah menarik untuk dikunjungi. Pasirnya berwarna putih dan ombaknya sangat bersahabat.
Dalam kesehariannya, pantai ini selalu dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara meskipun tidak terlalu ramai. Wisatawan domestik biasanya datang pagi hari hingga menjelang tengah hari sebelum matahari bersinar terik. Sebaliknya, wisatawan mancanegara datang ketika matahari sudah mulai menyengat di siang hari (nampaknya mereka memburu matahari untuk berjemur). Selain berenang, mereka biasanya menghabiskan waktu sambil berjemur, membaca, atau memotret.

Pantai Mawun

Pantai Mawun

Mawun memang memiliki air pantai yang sangat biru dengan pasir putih yang membuat pantai ini terasa sangat sempurna. Jika Anda berkunjung ke pantai ini dijamin Anda tak akan tahan untuk segera bermain dengan ombak pantainya yang seakan terus melambai-lambai. Mawun memiliki karakteristik yang cukup unik. Bagian bibir pantai ini termasuk dalam. Di sekeliling pantai terdapat perbukitan yang membuat kesan alamnya begitu kuat. Ditambah lagi dengan volume pengunjung yang tidak terlalu ramai serta tidak adanya warung penjual makanan. Membuat pantai ini benar-benar tempat sempurna untuk sejeka lari dari kepenatan

Dengan segala keindahan yang ditawarkan Mawun, akses untuk kesana juga butuh perjuangan. Anda harus rela melewati jalanan yang berkelok-kelok plus beberapa lubang yang terdapat di sepanjang jalan. Namun, hal itu akan terbayar lunas ketika Anda tiba di pantai indah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *