Konservasi Penyu Gili Trawangan, Lombok

Tak hanya berjemur, naik sepeda, atau snorkeling, rupanya Anda juga bisa bertemu penyu di Gili Trawangan. Di pinggir pantainya ada penangkaran penyu besar dan turis bisa melihat dari dekat penyu-penyu yang menggemaskan!

 

penyu

Berada di wilayah Lombok Utara, Lombok, NTB, Gili Trawangan tak pernah sepi dari kunjungan turis domestik dan mancanegara. Salah satu kegiatan mereka di sana adalah melihat penyu laut dari dekat.

Kami berkesempatan mengunjungi penangkaran penyu di Gili Trawangan ini beberapa waktu lalu. Lokasinya berada di pinggiran pantai dan berada di ruangan beratap yang luas. Di dalamnya terdapat tiga kolam besar dengan berbagai ukuran penyu, ada yang masih bayi atau disebut tukik hingga penyu yang ukurannya besar.

 

Berbagai turis mancanegara pun terlihat lalu-lalang di penangkaran penyu tersebut. Mereka bisa melihat informasi jelas tentang kehidupan penyu melalui papan besar.

konservasi-penyu-gili-trawangan

Di papannya dijelaskan tentang kehidupan penyu dan berbagai kegiatan konservasi yang dilakukan. Satu peringatan yang ditekankan adalah jangan menyentuh penyu saat berada di lautan. Hal tersebut dapat membuat penyu stres dan berdampak buruk dengan kesehatannya. Begitu juga dengan penyu yang berada di penangkaran, para turis tidak diizinkan untuk menyentuh penyu apa pun alasannya.

Meski begitu, Anda bakal bisa melihat penyu-penyu yang lucu dari dekat. Mereka berenang-renang dan terlihat menggemaskan. Apalagi banyak tukik di sana.

Ternyata, penangkaran penyu di sana dikelola oleh masyarakat Gili Trawangan. Mereka sengaja membangunnya untuk menjaga kelestarian penyu di sekitar Gili Trawangan. Penyu yang dinilai sudah kuat dan besar, bakal mereka lepas ke laut.

Biaya untuk masuk ke penangkaran penyu tersebut adalah secara sukarela. Nantinya, biaya yang didapatkan akan dipakai untuk konservasi penyu, baik untuk membeli makan, kesehatan, atau untuk biaya renovasi bangunannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *